Rabu, 29 Juli 2009

Will It Be a Revolution???

Gue : Assalamu'alaikum pak haji.. pie kabare??
Pak haji (PH) : Hehehe, ane baek2 aje. Ente bijimane?
Gue : Ane biji bawah Pak. Gede2 lagi. Hehehe.
PH : Hush, jorok amat lo!
Gue : Yee, maksudnya nih biji salak, abis ane makan. Enak pak Haji. Makanya, jangan ngeres mulu pikirannya.
PH : Oh, gitu. Gue kirain biji yang ono.
Gue : Yang mane pak haji??
PH : Dah ah. Ngomong ama lo bikin gue mikir yang aneh2. Eniwei, napa muka lo demek amat?
Gue : Nah itu die Ji. Aye kayaknya lagi sial nih hari.
PH : Nape lagi lo?? Ditolak cewe?? Ato disosor soang lagi??
Gue : Kaga boy! Slow ajeh (gesture tubuh menunjukkan gue lagi bergaya Don Juan). Nih, masalah kuliah ane.
PH : Kuliah lo nape? Bukannya dah bagus di UI??
Gue : Justru karena itu akan tetapi namun apabila...
PH : Hina bener lo ngomongnye.
Gue : Ok deh to the point aje. Kayaknya ga bakal lulus neh.
PH : Ngapa lagi??
Gue : Begini ceritanya.

YEAH! Percakapan di atas hanya sebuah intermezzo yang muncul di kepala gue saat ingin ngomongin pelajaran paling bikin otak pusing sedunia buat gue. Namanya adalah Kalkulus 2. Kelahiran dari moyang matematika dan memiliki kakak bernama Kalkulus 1.

Pelajaran ini telah banyak menggugurkan saudara2 mahasiswa Fasilkom 2007. Bagaimana tidak? Korban2 yang berjatuhan adalah gue, Ken, Iwan, Randi, Dwi, AditZap, Pujay, Heri, Reja, Prastit*t, dan masih banyak lagi yang sampai sekarang cemas antara hidup dan mati.

Gue akan flashback saat pertama kali gue masuk studi Kalkulus 2 dulu. Yang mengajar adalah dosen yang sangat perhatian (konotatif) kepada mahasiswanya. Namun, semakin menuju akhir semester, gue justru jatuh ke jurang terdalam dunia matematika ini. Bisa dibayangkan saat ingin UAS pelajaran ini, malem sebelum ujian gue dan Sony asik2 maen PES 2008 dan 2009 ampe shubuh terus baru tidur. Sedangkan Kubo asik dengan desktopnya dan Ken tertidur pulas memimpikan bahwa ia menjadi dosen matematika dengan gelar S3 ditemani maid2nya.

Saat ujian, Anda bisa tebak sendiri seperti apa hasilnya. Kami semua gagal total. Namun, ada sebuah keajaiban. Kubo berhasil. YEAH! KUBO BERHASIL SELAMAT DARI HUKUMAN MATI KALKULUS 2.

Yah, pada akhirnya kami para PK (Pejuang Kalkulus, bukan Penjahat Kelamin walopun banyak yang rada homo, hahaha, kidding boyz) berkumpul kembali di ruangan 2301 tiap hari Selasa dan Kamis menikmati cerita di lembaran2 baru Kalkulus 2.

Nah, yang pengen gue ceritain adalah sebuah cerita indah waktu menjelang UAS dan UAS itu sendiri. Menjelang UAS, kita semua dihadapkan pada kuis yang indah sekali. Namun, gue bingung, kok rasa2nya susah bener ye??? Emang susah! Hohoho.

Nah, saat UAS itu akan lebih menyenangkan lagi. Ada tiga hal yang ingin gue ungkapkan.
  1. Gue dengan nikmatnya tidur. YOI. TIDUR SAAT UJIAN. Mungkin 1/2 jam dapet kali. Hehehe.
  2. Setelah gue tidur, gue melihat soal di halaman pertama. Wuidih, soal2nya sepertinya bisa memberikan nilai yang baik buat gue. Gue sempet berterima kasih secara tidak langsung terhadap dosen bahwa ia sepertinya mengerti sekali apa yang diharapkan mahasiswanya. Namun, TIDAK (menurut gue) di saat halaman kedua. Gue bener2 pasrah. Serasa ada pecahan batu vulkanik dengan suhu 1050 derajat Celcius menghantam kepala gue. Dalam hati gue ngomong, anjrit gue sama sekali ga bisa ngerjain ini soal2. Hingga akhir peperangan ini, gue hanya bisa berdiam diri di tempat.
  3. Nah, yang terakhir ini adalah saat2 mungkin yang terbodoh yang gue lakukan. Di saat gue harusnya mengerahkan seluruh kemampuan otak gue untuk mengerjakan soal, gue justru melihat keadaan sekeliling. Gue ngeliat temen2 gue yang tiba2 kayak mau mati mendadak. Mereka rupanya mengalami hal yang sama. Halaman kedua sepertinya dengan sukses memporakporandakan pola pikir yang sudah mereka siapkan untuk menghadapi peperangan ini.
Hmm, gue jadi inget sebuah quote dari temen gue, Ken di Chat Messanger. Gini tulisannya kalo ga salah.

Kalkulus adalah studi dimana kita mengerahkan seluruh tenaga dan niat untuk menghadapinya selama berbulan-bulan, semua itu akan hilang dengan seketika saat melihat soal pertama.


Yah, gitulah kira2nya tulisannya. Hmm, bermakna sekali. Terus judul tulisan ini kenapa "Will it be a Revolution?" karena Ken pernah nulis di blog dia dengan tulisan "Calculus 2 Reloaded". Kayak trilogi film Matrix.

Pertanyaan yang muncul setelah kesuraman itu adalah mungkinkah kita semua akan menjadi peserta Kalkulus 2 untuk ketiga kalinya? Mungkinkah akan terjadi "Calculus 2 Revolution"??

Kita tunggu jawabannya beberapa hari lagi.

Tidak ada komentar: